SKRIPSI

Penulis / NIM
EDI BUSONO / 831409124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRO KUSWORO, S.PdKor M.Pd / 0030128103
Abstrak
ABSTRAK Edi Busono. 2013. Meningkatan Teknik Dasar Tolak Peluru melalui Modifikasi Model Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Tapa. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Hariadi Said, Ms, dan Pembimbing II Bapak Hendro Kusworo, S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah melalui modifikasi model pembelajaran dapat meningkatkan teknik dasar tolak peluru pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tapa. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Bahwa dari dua kali tindakan yang dilaksanakan terjadi peningkatan disetiap tindakan. Dan diawali dengan observasi awal sebagai dasar pelaksanaan tindakan selanjutnya tampak teknik dasar tolak peluru bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tapa menunjukan kriterian yang kurang dengan skor rata-rata keseluruhan 54.68%. Pada siklus I kegiatan teknik dasar tolak peluru yaitu cara memegang peluru, cara meletakkan peluru di atas bahu di bawa telinga dekat leher, cara mengambil awalan, cara menolak peluru, sikap akhir setelah menolak peluru keseluruhan ini dilakukan dengan praktek keseluruhan rata-rata perolehan sebanyak 66.58% artinya masih berada pada kategori cukup. Dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu Pada kegiatan teknik dasar tolak peluru yaitu cara memegang peluru, cara meletakkan peluru di atas bahu di bawa telinga dekat leher, cara mengambil awalan, cara menolak peluru, sikap akhir setelah menolak peluru keseluruhan ini dilakukan dengan praktek keseluruhan rata-rata perolehan sebanyak 82.15% artinya telah berada pada kategori baik. Pada kegiatan siklus I dapat diketahui bahwa modifikasi pembelajaran yang dilaksanakan peneliti belum memenuhi target yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari 24 aspek yang diamati dalam pelaksanaan kegiatan mengajar, aspek yang mencapai kriteria baik sebanyak 11 aspek dengan persentase 45,8%, kriteria cukup 10 aspek atau 41,6% dan kriteria kurang ada 3 aspek atau 12,5%. Modifikasi pembelajaran pada siklus II yang dilaksanakan peneliti telah memenuhi target yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari 24 aspek yang diamati dalam pelaksanaan kegiatan guru, aspek yang mencapai kriteria baik sebanyak 21 aspek dengan persentase 87,5%, kriteria cukup 3 aspek atau 12,5% dan kriteria kurang tidak ada. Dengan demikian melalui teknik dasar tolak peluru melalui modifikasi pembelajaran dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011