SKRIPSI

Penulis / NIM
HERMANTO RIDWAN TAMRIN / 831409126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK HERMANTO RIDWAN TAMRIN, 831409126. Penerapan Metode/Strategi Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis dan Passing Permainan Bola Voli Siswa Kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tapa. Masalah yang ditemui pada waktu observasi yaitu Kenyataan dilapangan tidak sesuai yang diharapkan. Pada siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tapa saat dilakukan tes pada servis dan passing permainan bola voli ternyata hasil yang diperoleh ada beberapa siswa yang nilainya kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) yang telah ditentukan. Oleh karena itu, untuk memperbaiki hasil yang diperoleh, seorang guru harus memberikan satu bentuk metode atau strategi pembelajaran yang dianggap bisa memperbaiki hasil belajar siswa dengan sebelumnya. Strategi yang pas untuk pembelajaran yaitu melalui pembelajaran simulasi, karena dengan pembelajaran simulasi siswa dapat melakukan keterampilan dasar servis dan passing permainan bola voli dengan baik dan benar. Tujuan : untuk meningkatkan hasil belajar servis dan passing permainan bola voli melalui pembelajaran simulasi. Hipotesis tindakan kelas ini adalah " dengan penerapan metode/strategi pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar servis dan passing permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa " dan indikator kinerja, jika 80% dari 21 orang siswa yang ada dikelas VIII.5 mencapai nilai (75-84 kategori baik) maka penelitian selesai. Tindakan pembelajaran sebanyak dua siklus memperlihatkan hasil belajar servis dan passing pada permainan bola voli melalui pembelajaran simulasi pada setiap siklus yang kian meningkat. Terlihat dari observasi awal, banyak siswa yang belum mampu melakukan servis dan passing, dengan indikator capaian hasil belajar 19,04%. Pada siklus 1 sudah beberapa siswa yang telah memperlihatkan peningkatan hasil belajar dan memperoleh nilai tuntas dengan indikator capaian hasil belajar 57,13%, karena hasil yang diperoleh belum mencapai indikator kinerja yang telah di tetapkan maka penelitian dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 telah meningkat lagi Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 2 tentang kegiatan pembelajaran menunjukan kondisi yang optimal dalam pelaksanaannya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar servis dan passing di kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tapa dalam materi permainan bola voli hingga terpenuhi indikator kinerja yang telah di tetapkan dengan indikator capaian hasil belajar 85,71%. Dengan demikian, tindakan siklus dihentikan atau di akhiri pada siklus ini, dalam artian tidak lagi di lanjutkan ke siklus berikutnya. Metode/Strategi pembelajaran simulasi dapat di terapkan dalam pembelajaran di sekolah dan menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Servis dan Passing Permainan Bola Voli Melalui Pembelajaran Simulasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011