Penulis / NIM
HERMANTO RIDWAN TAMRIN / 831409126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
HERMANTO RIDWAN TAMRIN, 831409126. Penerapan Metode/Strategi
Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis dan Passing
Permainan Bola Voli Siswa Kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tapa.
Masalah yang ditemui pada waktu observasi yaitu Kenyataan dilapangan tidak sesuai
yang diharapkan. Pada siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tapa saat dilakukan tes pada servis
dan passing permainan bola voli ternyata hasil yang diperoleh ada beberapa siswa yang
nilainya kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) yang telah ditentukan. Oleh karena
itu, untuk memperbaiki hasil yang diperoleh, seorang guru harus memberikan satu bentuk
metode atau strategi pembelajaran yang dianggap bisa memperbaiki hasil belajar siswa
dengan sebelumnya. Strategi yang pas untuk pembelajaran yaitu melalui pembelajaran
simulasi, karena dengan pembelajaran simulasi siswa dapat melakukan keterampilan dasar
servis dan passing permainan bola voli dengan baik dan benar. Tujuan : untuk meningkatkan
hasil belajar servis dan passing permainan bola voli melalui pembelajaran simulasi.
Hipotesis tindakan kelas ini adalah " dengan penerapan metode/strategi pembelajaran
simulasi dapat meningkatkan hasil belajar servis dan passing permainan bola voli pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa " dan indikator kinerja, jika 80% dari 21 orang siswa
yang ada dikelas VIII.5 mencapai nilai (75-84 kategori baik) maka penelitian selesai.
Tindakan pembelajaran sebanyak dua siklus memperlihatkan hasil belajar servis dan passing
pada permainan bola voli melalui pembelajaran simulasi pada setiap siklus yang kian
meningkat. Terlihat dari observasi awal, banyak siswa yang belum mampu melakukan
servis dan passing, dengan indikator capaian hasil belajar 19,04%. Pada siklus 1 sudah
beberapa siswa yang telah memperlihatkan peningkatan hasil belajar dan memperoleh nilai
tuntas dengan indikator capaian hasil belajar 57,13%, karena hasil yang diperoleh belum
mencapai indikator kinerja yang telah di tetapkan maka penelitian dilanjutkan pada siklus 2.
Pada siklus 2 telah meningkat lagi Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 2 tentang
kegiatan pembelajaran menunjukan kondisi yang optimal dalam pelaksanaannya. Kondisi
ini menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar servis dan passing di kelas VIII.5
SMP Negeri 1 Tapa dalam materi permainan bola voli hingga terpenuhi indikator kinerja
yang telah di tetapkan dengan indikator capaian hasil belajar 85,71%. Dengan demikian,
tindakan siklus dihentikan atau di akhiri pada siklus ini, dalam artian tidak lagi di lanjutkan
ke siklus berikutnya. Metode/Strategi pembelajaran simulasi dapat di terapkan dalam
pembelajaran di sekolah dan menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar Servis dan Passing Permainan Bola Voli Melalui Pembelajaran
Simulasi.
Download berkas