Penulis / NIM
VIRGIAWAN MANTANG / 831409138
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Virgiawan Mantang, 2014. pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap keterampilan siswa melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket" (Studi eksperimen siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa). Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S dan Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Tapa, khususnya pada siswa kelas XI IPS yang meneliti tentang keterampilan siswa dalam melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket dengan menggunakan model pembelajaran TGT (teams games tournament). Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran TGT (teams games tournament) terhadap keterampilan siswa dalam melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 tapa. Penelitian ini dinamakan penelitian total sampling atau total sampel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain tes awal dan tes akhir. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan indicator keterampilan siswa melakukan drible dan pasing. Bahan ajar yang diberikan adala keterampilan melakukan drible dan pasing tes awal dan tes akhir. Hipotesis penelitian yang digunakan yaitu Ho= yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran TGT ( teams Games Tournament) terhadap keterampilan siswa melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket, H1= yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran TGT (teams Games Tournament) terhadap keterampilan siswa melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis data diperoleh nilai thitung=3,47 . sedangkan criteria pengujian pada taraf signifikan =0,05 dari daftar t diperoleh ttabel sebesar=1,6973. Oleh karena thitung> ttabel dan thitung tidak berada pada daerah penerimaan yaitu= -1,6973 sampai dengan +1,6973. Dari batas-batas kritis tersebut diperoleh tdaftar=1,6973. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap keterampilan siswa melakukan drible dan pasing pada cabang olahraga bola basket (studi eksperimen siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci ; Model "TGT (Teams Games Tournament)", Keterampilan siswa dalam melakukan drible dan pasing.
Download berkas