Penulis / NIM
VICKY TUINA / 831409160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. RUSKIN, M.Pd / 0031125723
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Vicky Tuina NIM: 831409160 "Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Blok Pada Permainan Bola Volly Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Drs. Ruskin,M.Pd (Pembimbing I), dan Bapak Ruslan S.Pd. M.Pd (Pembimbing II).
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar block pada permainan bola volly siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar block pada permainan bola volly siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah "jika model pembalajaran langsung digunakan maka hasil belajar teknik dasar blok pada permainan bola volly siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Limboto. Kabupaten Gorontal dapat ditingkatkan.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis secara kualitiratif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar blok pada permainan bola volly yakni: pada observasi awal rata -rata hasil belajar blok 56,20. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan mendjasi 64,46 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,20.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah hipotesis penelitian yang berbunyi jika model pembalajaran langsung digunakan maka hasil belajar teknik dasar blok pada permainan bola volly siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Limboto. Kabupaten Gorontal dapat ditingkatkan.
terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : Model pembelajaran langsung, block
Download berkas