Penulis / NIM
LUKMAN M. KASIATI / 831409165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Kasiati, Lukman M. 2016. ..."Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Batudaa. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes, Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada permainan bola voli di MAN Batudaa yakni setiap kali siswa diminta untuk memperagakan passing atas, lebih banyak siswa yang selalu menghindar pada saat datangnya bola dari arah atas kepala, serta pada saat melakukan pembelajaran siswa sering kali acuh terhadap guru ataupun pengajar sehingga menyulitkan para guru atau pengajar untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran olahraga, kurang efektif siswa dalam menerima materi pembelajaran dan metode yang diterapkan belum sesuai dengan siswa. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan passing atas dalam permainan bola voli siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Batudaa melalui metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Berdasarkan data dan hasil analisis pada observasi awal, nilai siswa pada mata pelajaran penjasorkes dalam permainan bola voli melakukan passing atas, persentase nilai rata-rata siswa adalah 65%. dan setelah penerapan metode kooperatif tipe student teams-achievement divison (STAD) pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, siswa memperoleh nilai yang berbeda pada mata pelajaran penjasorkes dalam permainan bola voli mengenai passing atas 65 % yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa tersebut belum mencapai nilai standar rata-rata kelulusan yaitu 75%. maka peneliti bersama guru mata pelajaran memutuskan untuk melanjutkan tindakan pemebelajaran pada siklus II. Pada tindakan siklus II, siswa mulai menunjukkan perkembangan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu mencapai nilai rata-rata diatas standar rata-rata kelulusan pada mata pelajaran penjasorkes khususnya dalam permaianan bola voli menengai passing atas. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tindakan siklus II yaitu 95% Jika mengacu pada indikator kinerja maka penelitian ini sudah selesai. Dengan demikian peneliti dan guru mata pelajaran memutuskan untuk mengakhiri penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe student teams-achievement divison (STAD) berhasil di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjasorkes di kelas X Madrash Aliyah Negeri Batudaa
Kata Kunci : Passing Atas, Student Teams-Achievement Division.
Download berkas