Penulis / NIM
ROBINSON KARIM / 831409182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
ROBINSON KARIM, NIM 831409182, Skripsi 2016. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Service Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Melalui Metode Explicit Intruction Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 PenjaskesRek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Bapak Drs. Sarjan Mile, MS selaku Pembimbing I dan Ibu Risna Podungge, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui metode pembelajaran Explicit Intruction dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar Service Forehand siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service Forehand dengan menggunakan motode pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila.
Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan mode pembelajaran Metode Explicit Intruction, maka keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand dapat ditingkatkan. Indikator kinerja" (KKM) 80, jika presentase siswa 80 hingga 85 dari jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila sudah menunujukkan keterampilan dalam melakukan teknik dasar Service forehand pada permainan tenis meja ini dengan kategori sangat baik (80-100), mak apenelitian ini dinyatakan selesai.
Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand dengan menggunakan metode pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila, dari observasi awal 56,92, pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 71,04, dan pada siklus II peningkatan mencapai 82. Maka dapa tdisimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Explicit Intruction keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu :dengan menggunakan motode Explicit Intruction maka keterampilans iswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : motode pembelajaran Explicit Intruction, materi pemainan tenismeja teknik dasar Service forehand. Siswa SMA.
Download berkas