Penulis / NIM
FRENDI PAPUTUNGAN / 831409191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Frendi Paputungan, 2016. Nim 831409191. Meningkatkan Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya jongkok Melalui Metode Demostrasi Pada Siswa Kelas V SDN Sipatana Kota Gorontalo, Pembimbing I Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pembimbing II Suriyadi Datau S.Pd M.Pd Program studi S1 pendidikan jasmni kesehatan olahraga dan rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah, apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa dikelas V SDN Sipatana Kota Gorontalo, dengan demikan maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok melalui metode demonstrasi pada siswa dikelas V SDN Sipatana Kota Gorontalo, selanjutnya penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Telaga yang berjumlah 36 orang terdiri dari 20 orang putra dan 16 orang putri. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila kemampuan dalam menguasai teknik dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa dikelas V SDN Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan minimal 75% dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan, maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil
Berdasarkan deskripsi hasil penelitian diketahui data awal siswa dari ke empat aspek yang diamati diperoleh hasil 52,81% masuk dalam kategori kurang hasil ini membuktikan bahwa ketuntasan belajar siswa mengenai teknik dasar lompat jauh gaya jongkok belum sesuai dengan harapan yakni indikator 75%, dari hasil tersebut dilakukan penelitian pada siklus I dikenai tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, berdasarkan tindakan siklus I diperoleh hasil sebesar 60,90% masuk pada kategori cukup. Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil observasi ke siklus I sebesar 8,09% meskipun demikian namun hasil ini belum mencapai indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ini terjadi peningkatan yang signifikan hingga mencapai 75,64% melibihi indikator 75% Hasil ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari hasil siklus I ke siklus II sebesar 14,74%.
Selanjutnya melihat capaian pada siklus II telah mencapai indikator maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi ini telah menuai keberhasilan yang signifikan, dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas ini dinyatakan: melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan teknik dasar siswa kelas V SDN Sipatana Kota Gorontalo dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok dan dapat diterima.
Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Demonstrasi
Download berkas