Penulis / NIM
MAMAN MANGOPA / 831409211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK
Maman mangopa,831409211 .Meningkatkan keterampilan roll Depan melalui Metode Berpasangan Pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skiripsi, jurusan pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo pembimbing I Drs Ahmad Lamusu, S Pd, M. Pd Pembimbing II.Syarif Hidayat M.Or
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode berpasangan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujua ndari peneliti ini adalah untuk meningkatkan keterampilan roll depan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui metode berpasangan
Metode yang digunkan dalam pengumpualn data meliputi tes, observasi, dan didokumentasi, subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 12 orang putra dan 8 orang siswa putri dengan dengan tingkat keterampilan dasar roll depan yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan roll depan Adapun nilai rata-rata siswa dalam memahami materi keterampilan roll depan melalui metode berpasangan pada observasi awal mencapai 55.79 % kemudian pada siklus I meninggkat menjadi 74,98 % begitu juga pada siklus II mencapai 81,24 % pada siklus pertama jumlah siswa yang tuntas mencapai 13 orang atau sebesar 65 % kemudian pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau sebesar 85 %. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan senam lantai roll depan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode berpasangan.
Kata kunci : keterampilan Roll Kedepan, Metode Berpasangan
Download berkas