Penulis / NIM
NISPA PAPUTUNGAN / 831409212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
NISPA PAPUTUNGAN, 831409212. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.Pendidikan keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan dan Kelolahragaan Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran roll depan pada senam lantai melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa SMP Negeri 1 Batudaa. Hipotesis tindakan yakni “jika menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair share, maka hasil belajar siswa dalam pembelajaran senam lantai roll depan akan mengalami peningkatan”, indikator kinerja jika hasil belajar siswa dalam melakukan roll depan mencapai 85 % ke atas dengan indikator capaian rata-rata (75-89 kategori baik) maka penelitian selesai.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian di analisis secara kuantitaf dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa roll depan pada senam lantai : pada observasi awal 46,55%. Setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan 38,45%. Dan pada tindakan siklus II diperioleh hasil capaian 88,75% atau terjadi peningkatan 3,75% dengan demikain rata-rata peningkatan dan observasi sampai pada siklus II sebesar 42,2% jadi hipotesis yang menyatakan jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share maka hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Batudaa akan meningkat, dapat di terima.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share senam lantai : roll depan
Download berkas