Penulis / NIM
DWI RUSWADI SAADA / 831409225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Dwi ruswadi. Saada/ 831 409 225. “ meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada materi sepak bola melalui metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Gorontalo”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada materi sepak bola siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Gorontalo.
Adapun tujuan yang hendak di capai dalam penelitian tindakan kelas ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada materi sepak bola melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw kedalam proses pembelajaran siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Gorontalo. Yang menjadi indikator dalam penelitian ini adalah jika rata-rata peningkatan hasil belajar menggiring bola pada materi sepak bola siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Gorontalo mencapai 85.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu dengan adanya peningkatan keterampilan pada setiap siklusnya, maka dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ jika guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw, maka hasil belajar menggiring bola pada materi sepak bola siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Gorontalo akan mengalami peningkatan” dapat terbukti. Hal ini didasarkan pada nilai rata- rata yang dicapai siswa kelas VIII 1 pada observasi awal yaitu sebesar 78,98, siklus 1 sebesar 82,86, dan siklus 2 yaitu sebesar 86,36. Pada siklus 2 hasil yang dicapai sudah melebihi indikator kinerja yaitu 85.
Kata kunci : menggiring bola pada permainan sepak bola, kooperatif jigsaw
Download berkas