SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WAHYUNI MUSA / 831409228
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
ABSTRAK SRI WAHYUNI MUSA ,2013 “Meningkatkan Aktivitas Belajar Tolak Peluru dengan Media Modifikasi Bola Plastik, Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 4 Kabila Kabupaten Bonebolango” masalah dalam penelitian ini yaitu ” rendahnya hasil belajar Tolak Peluru di kelas V SDN 4 Kabila Kabupaten Bonebolango. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk Meningkatkan hasil Belajar Tolak Peluru dengan Media Modifikasi Bola Plastik, pada siswa kelas V SDN 4 Kabila Kabupaten Bonebolango” dan sebagai pengumpul data adalah lemabaran pengamatan aktifitas siswa dan guru yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan atau unjuk kerja pada setiap tahapan penelitian dalam bentuk siklus yang di dalam terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran Tolak Peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik di kategorikan aktif. Dan setelah dilakukan siklus kedua, aktivitas siswa mengalami peningkatan keaktifan rata-rata sebesar 80% . Kalau mengacu pada Indikator Keaktifan Siswa maka besaran keaktifan sebesar 80% termasuk kriteria Sangat Aktif. Bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus pertama mencapai tingkat pencapaian 58,3%, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan treatment pada proses pembelajaran, Aktivitas guru mencapai 72,2%. Ini berarti ada kenaikan Aktivitas guru sebesar 13,9%, sehingga rata-rata aktivitas guru pada dua siklus mencapai 62,2%. Mengacu pada Indikator Aktivitas Guru , besaran angka 72,2% termasuk kriteria Aktif. Rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Awalan mencapai 80,62. Mengacu pada Indikator Hasil Belajar Siswa pada Tabel 1, nilai tersebut menunjukan bahwa pembelajaran Awalan pada Tolak Peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik untuk. Rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek Cara Metolak mencapai 80,42. Mengacu pada Indikator Hasil Belajar Siswa pada Tabel 1, nilai tersebut menunjukan bahwa pembelajaran Cara Metolak pada Tolak Peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik. Rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Sikap Akhir mencapai 78,79. Mengacu pada Indikator Hasil Belajar Siswa pada Tabel 1, nilai tersebut menunjukan bahwa pembelajaran Sikap Akhir pada Tolak Peluru dengan menggunakan media modifikasi bola plastik, berkategori baik. Respon siswa mengacu pada Indikator Respon Siswa, pada siklus I rata-rata tingkat kepuasan siswa 62,5% mempunyai kriteria Puas, pada siklus II rata-rata tingkat respon siswa 81,3%, mempunyai kriteria Sangat Puas. Kata Kunci : Tolak Peluru dan Modifikasi Bola Plastik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011