SKRIPSI

Penulis / NIM
JULIANA KAU / 831409232
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak

ABSTRAKJULIANA KAU, Nim: 831409232. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto. Skripsi, Gorontalo : Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo, Januari 2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan yang signifikan atau sebesar apa perubahan atau peningkatan yang terjadi terhadap kemampuan passing atas siswa dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Terhadap 20 orang siswa ini diadakan observasi awal untuk data awal peneliti sebelum penelitian dimulai. Yang kemudian dilaksanakan tindakan pada siklus I   dan siklus II melalui proses pembelajarannya yakni dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hingga memperoleh rata-rata nilai seperti yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kemampuan passing atas  siswa meningkat yang mana saat observasi awal banyak siswa yang belum mampu melakukan passing atas dengan rata-rata 41,4 dan persentase 100% belum dapat melakukan pssing atas. Hingga akhirnya dilakukannya model  pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan hasil evaluasi uji tes nampak jelas bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Limboto yakni pada siklus I rata-rata menjadi 68,3 dengan 25% sudah masuk pada kriteria baik dan akhirnya pada siklus II rata-rata menjadi 79,8 dengan persentase 100% sudah dapat melakukan passing atas.Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model  pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini membawa pengaruh dalam peningkatan kemampuan passing atas siswa. Hasil ini hendaknya digunakan sebagai bahan referensi dan sebagai pembanding bagi peneliti yang melakukan penelitian sejenis sehingga hasilnya akan lebih sempurna.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Passing Atas Dan Bola Voli.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011