Penulis / NIM
ANRI P. AHMAD / 831409235
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstrak
ABSTRAK
ANRI P. AHMAD831 409 235. Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran KelompokSiswa Kelas IXSMP Negeri 2 SATAP Boliyohuto, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Hariadi Said, MS dan Pembimbing II Drs. Sarjan Mile, MS.
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatankemampuan passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas IX SMP Negeri 2 SATAP Boliyohutomelalui strategi pembelajaran kelompok.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil jika 85% dari jumlah 22 orang sudah menunjukkan kriteria nilai baik (75-89) dalam kemampuan teknik dasar passing bawah.Hasil pengamatan pada siklus pertama menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan hasil yang diharapkan. Sebab dari 22 siswa yang diberi tindakan, diperoleh data pada siklus I yakni 55%, pada siklus II meningkat menjadi 73%dan pada siklus III meningkat menjadi 91%.
Berdasarkan penelitian ini, strategi pembelajaran kelompok, dapat dijadikan satu metode baru untuk mengajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelasIX SMP Negeri 2 SATAP Boliyohuto. Di sarankan pada para guru pendidikan jasmani apabila dalam mengajar passing bawah bola voli pada siswa mengalami kesulitan, agar menggunakan strategi pembelajaran kelompok.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwastrategipembelajaran kelompok dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawah pada permainan bola volisiswa Kelas IX SMP Negeri 2 SATAP Boliyohuto.
Kata kunci : Bola Voli, Passing Bawah dan Strategi Pembelajaran Kelompok.
Download berkas