ABSTRAK HENDRA MUSA. NIM. 831 409 040 “ Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Bawah Melalui Strategi Pembelajaran Modeling Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 2 LIMBOTO”. Pembimbing I Ucok H. Refiater, S.Pd, M.Pd.Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pasing bawah. Untuk memecahkasn masalah tersebut, diterapkan strategi pembelajran modeling. Dan yang menjadi indikator kinerja yaitu 75% dalam penelitian ini, jika terjadi peningkatan penguasaan pasing bawah melalui strategi pembelajaran modeling, dari 51,875% sampai 75%, maka penelitian ini di anggap selesai dan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta di adakan evaluasi pada setiap siklus. Data dianalisis baik kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data pada kegiatan observasi awal, dapat diketahui kemampuan rata-rata siswa dalam meningkatkan kemampuan melakukan pasing bawah yakni sebesar 51,875% menjadi 62,29% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 81,67%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “ Jika menerapkan strategi pembelajaran modeling kedalam proses pembelajaran maka kemampuan siswa kelas VII 5 SMP Negeri 2 LIMBOTO dalam melakukan pasing bawahpada permainan bola voli dapat ditingkatkan”, dapat terbukti dan diterima. Kata Kunci: Hasil belajar pasing bawah, bola voli, startegi pembelajaran modeling