SKRIPSI

Penulis / NIM
SERVI SAID / 831409247
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK SERVI SAID, 831409247, Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Strategi Bermain Pada Materi Permainan Bola Voli (pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo). Bagaimana hasil belajar strategi bermain pada materi permainan bola voli melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar strategi bermain pada materi permainan bola voli. Metode yang digunakan adalah metode pebelajaran kooperatif tipe STAD, dimana metode koopeperatif tipe STAD adalah metode pembelajaran secara berkelompok yang heterogen. Hasil analisis pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar strategi bermain pada materi permainan bola voli, menunjukan adanya peningkatan keterampilan strategi bermain dilihat dari tingkat keberhasilan bermain dan penurunan tingkat kegagalan bermain. Dari deskripsi data pada analisis tahap pertama rata-rata persentasi tingkat keberhasilan keterampilan bermain kelompok 1 sebesar 68,83% dan hasil tingkat keberhasilan keterampilan bermain kelompok 1 pada tahap keempat sebesar 84,46% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bermain kelompok 1 sebesar 15.83 %. Rata-rata persentasi tingkat kegagalan bermain kelompok 1 pada tahap pertama sebesar 31.64% dan hasil tingkat kegagalan bermain kelompok 1 pada tahap keempat sebesar 10.36% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya penurunan tingkat kegagalan bermain kelompok 1 sebesar 21.28%. Rata-rata persentasi tingkat keberhasilan keterampilan bermain kelompok 2 pada tahap pertama sebesar 66.01% dan hasil tingkat keberhasilan keterampilan bermain kelompok 2 pada tahap keempat sebesar 82.29% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bermain kelompok 2 sebesar 16.28%. Rata-rata persentasi tingkat kegagalan bermain kelompok 2 pada tahap pertama sebesar 34.37% dan hasil tingkat kegagalan bermain kelompok 2pada tahap keempat sebesar 17.71% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya penurunan tingkat kegagalan bermain kelompok 2 sebesar 16.66%. Rata-rata persentasi tingkat keberhasilan strategi bermain kelompok 1 pada tahap pertama sebesar 66.55% dan hasil tingkat keberhasilan strategi bermain kelompok 1 pada tahap keempat sebesar 80.35% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan bermain kelompok 1 sebesar 13.8 %. Rata-rata persentasi tingkat kegagalan bermain kelompok 1 pada tahap pertama sebesar 35.59% dan hasil tingkat kegagalan bermain kelompok 1 pada tahap keempat sebesar 19.62% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya penurunan tingkat kegagalan bermain kelompok 1 sebesar 15.97%. Rata-rata persentasi tingkat keberhasilan keterampilan bermain kelompok 2 pada tahap pertama sebesar 64.60% dan hasil tingkat keberhasilan strategi bermain kelompok 2 pada tahap keempat sebesar 78.89% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan strategi bermain kelompok 2 sebesar 14.38 %. Rata-rata persentasi tingkat kegagalan bermain kelompok 2 pada tahap pertama sebesar 35.34% dan hasil tingkat kegagalan bermain kelompok 2pada tahap keempat sebesar 17.85% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya penurunan tingkat kegagalan strategi bermain kelompok 2 sebesar 17.49%. Kata Kunci: Analisis Metode Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Strategi Bermain, Bola Voli.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011