Penulis / NIM
ANDRIANTO LAHAI / 831409257
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. RUSKIN, M.Pd / 0031125723
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
ANDRIANTO LAHAI, Nim. 831 409 257 “ Meningkatkan Keterampilan Dasar Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw Melalui Model Pembelajaran Inquiry Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kab. Gorontalo”. Skripsi dibawah bimbingan Drs. Ruskin, M.Pd dan Ruslan S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan keterampilan dasar sepak sila pada permainan sepak takraw di kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kab. Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar sepak sila pada permainan sepak takraw melalui model pembelajaran inquiry di kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kab. Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pembelajaran sepak sila yang dimiliki siswa meningkat 75% dari jumlah siswa yang diberi tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sepak sila siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kab. Gorontalo meningkat setelah diberikan tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan yakni dari rata-rata nilai 64,33 pada observasi awal, siklus I meningkat menjadi 73,31 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,1 dengan hasil demikian maka penelitian dianggap selesai dan berhasil.
Berdasrkan hasil penelitian ini, maka diharapkan para pengajar/guru sebagai tenaga pendidik agar memperhatikan metode mengajarnya guna meningkatkan pemahaman siswa akan penggunaan model pembelajaran inquiry khususnya sepak sila pada permainan sepak takraw.
Kata Kunci : Keterampilan Dasar Sepak Sila, Model Pembelajaran Inquiry.
Download berkas