SKRIPSI

Penulis / NIM
ERIK SAHARI / 831409258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRO KUSWORO, S.PdKor M.Pd / 0030128103
Abstrak
ABSTRAK Erik Sahari. Nim. 831 409 258. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAWAN PASIF DALAM CABANG OLAHRAGA TENIS MEJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I TAPA”. Ujian Hasil. Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo 2013. Dosen Pembimbing I Ruslan S.Pd,M.Pd dan Dosen Pembimbing II Hendro Kusworo S.Pd.Kor,M.Pd Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya siswa dalam melakukan pukulan forehand yang dilihat dari hasil belajar siswa termasuk dalam kategori kurang sekali dengan niai rata - rata 33,75 pada cabang olahraga tenis meja. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand pada cabang olahraga tenis meja siswa kelas VIII SMP Negeri I Tapa melalui penggunaan model pembelajaran lawan pasif. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada siswa Kelas VIII1 semester Genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah keseluruhan 20 orang. Siswa keseluruhan adalah berjenis kelamin laki-laki sejumlah 11 orang dan 9 orang perempuan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Adapun variabel dalam penelitian ini melibatkan (Input) masukkan, Proses dan hasil (Output). Hasil pencapaian akhir setelah adanya tindakan yakni meningkatnya hasil belajar siswa yang menentukan hasil tehnik dasar pukulan forehand pada cabang olahraga tenis meja yang maksimal sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Peningkatan hasil belajar siswa menunjukan gambaran tentang pemahaman materi yang diajarkan dan daya serap yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Data yang diperoleh melalui pelaksanaan observasi menunjukan hasil belajar pukulan forehand termasuk dalam kategori kurang sekali dengan nilai rata-rata 33,75 tentunya nilai ini masih sangat jauh yang diharapkan, untuk itu dilaksanakanlah siklus I sesuai rencana pembelajaran semestinya, maka evaluasi dilakukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 68,41 namun juga belum mencapai indikator kinerja maka tetap dilakukan siklus II. Analisa hasil yang didapat pada siklus II dengan nilai rata-rata kemampuan 84,00. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pukulan Forehand, Lawan Pasif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011