Penulis / NIM
HENDRAWAN GOBEL / 831409302
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
HendrawanGobel. 2014 Meningkatkan hasil belajar guling depan dengan menggunakan metode bagian-keseluruhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Tapa. Skripsi program studi penjaskesrek Jurusan Keolahragaan, Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd,M.Pd dan pembimbing II Suryadi Datau S.Pd,M.Pd
Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan meode bagian-keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan guling depan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa.
Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri I Tapa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah, bila digunakan pembelajaran bagian-keseluruhan maka hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri I Tapa melakukan roll depan akan meningkat. Indikator yang suda ditetapkan sebagai tolak ukur pencapaian keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80%
Hasil dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran bagian-keseluruhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa akan meningkat. Hal ini dapat dilihat pada capaian nilai rata-rata hasil belajar siswa sebagai subyek penelitian yang mencapai 81,9% dalam kategori baik.
Kata Kunci : senam lantai, guling depan, metode bagian-keseluruhan.
Download berkas