Penulis / NIM
SUPRIANTO LAMUSI / 831409304
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
SUPRIANTO LAMUSI, NIM : 831409304 (Skripsi 2015)"Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Model Pembelajaran Expositori Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Gorantalo". Pembimbing I Drs Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Mirdayani Pauweni S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian tindakan kelas (PTK ) ini adalah : Apakah dengan mengunakan model pembelajaran Expositori pada mata pelajaran lari jarak pendek dapat meningkatkan keterampilan siswa yang ada dikelas VIII SMP Negeri 16 Gorontalo.Berdasarkan permasalahann tersebut tentu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar lari jarak dengan menggunakan model pembelajaran Expositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Gorontalao.
Dari data yang diperoleh mulai dari data awal atau observasi awal hasil yang diperoleh keseluruhan siswa rata-rata 51,34% sebelum dikenai tindakan, setelah diberi tindakan pada siklus I sebanyak tiga kali kemudian di epaluasi terjadi peningkatan yakni dari 51,34% menjadi 68,00%, namun pencapain nilai siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang sudah di tetapkan sebesar 75%, pada siklus II, setelah diepaluasi mengalami peningkatan yakni dari 68,00% menjadi 80,00% pada siklus II. Dalam penerapan model pembelajaran Expositori pada lari jarak pendek mengalami peningkatan yang siknifikan.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi jika model pembelajaran Expositori diterapkan maka keterampilan teknik dasar lari jarak pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Gorontalo akan meningkat, terbukti dan penelitian ini dinyatakan selesai.
Kata Kunci : Teknik dasar Lari Jarak Pendek, Metode Expositori
Download berkas