Penulis / NIM
ROLIYANTO A. NUSI / 831409306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
ROLIYANTO NUSI, 2012. Evaluasi pengunaan sarana dan prasarana olahraga SMA Negeri 1 telaga Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd, Pembimbing II Zulkifli Lamusu SPd, M.Pd. 2012.
Dengan melakukan wawancara guru dan siswa, selaku sebagai agen untuk memperoleh data.Berdasarkan hasil evaluasi,secara umum sarana dan sarana olahraga yang ada di SMN Negeri 1 Telaga belum cukum memadai ( kurang ). ada beberapa cabang olahraga yang perlu di tindak lajuti atau pun diperhatikan walaupun tidak memiliki lalapangan olahraga, tetapi banyak prestasi yang di capai oleh siswa. itu karna motivasi belajar siswa yang tinggi, sehingga mereka mengembangkan bakat di luar sekolah, atau belajar di luar sekolah. jadi dengan sarana dan prasarana yang belum maksimal sehingga kedepan perlu ada perbaikan untuk keefektifan belajar siswa dan untuk pengembangan bakat siswa terutama dalam bidang olagraga.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui sarana dan prasarana olahraga yang ada di SMA Negeri 1 Kabupaten Gorontalo , 2) mengetahui apakah guru penjas membuat persiapan untuk proses pembelajaran penjas sesuai dengan sarana dan prasarana, 3) mengetahui apakah guru penjas melaksanakan proses pembelajaran penjas sesuai standar proses, 4) mengetahui hasil pembelajaran penjas yang dicapai oleh siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi program dengan Pendekatan CIPP model, ditinjau dari tahapan-tahapan Context, Input, Prosess,Product Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas, siswa dan sarana prasarana olahraga .Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.Sumber data dalam penelitian ini adalah guru penjas dan siswa. Pengambilan data dengan teknik wawancara,observasi,dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah evaluasi deskriptif.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa tahap Context, sarana dan prasarana olah raga di SMA Negeri 1Telaga masih kurang. Tahap Input, aspek sarana dan prasarana: 1) ketersediaan sarana dan prasarana, dari 6 cabang olahraga, 2 cabang olahraga yang sarana prasarananya lengkap dan 4 cabang olah raga sarana prasarananya kurang. Tahap proses,plaksanan proses pembelajaran di dalam sekolah dan di luar sekolah.Tahap Product, perstasi di capai oleh siswa baik di tingkat Kabupaten maupundi tingkat Profinsi.
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat diajukan saran kepada. Pihak sekolah agar kirannya dapat memperhatikan sarana dan prasarana terutama dalam bidangolah raga, Juga memperhaptikan proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum yang berlaku dan mengembangkan minat siswa agar tercipta suatu prestasi yang dapat membawa nama baik sekolah.
Kata Kunci : Evaluasi, sarana dan prasarana olahraga, dan pembelajaran penjas.
Download berkas