Penulis / NIM
TAUFIK THAIB / 831410013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Thaib. Nim. 831 410 013. "MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR SMASH BOLA VOLI MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PAGUYAMAN PANTAI". Ujian Skripsi. Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dosen Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS dan Dosen Pembimbing II Ruslan S.Pd,M.Pd
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan Smash yang dilihat dari kemampuan siswa termasuk dalam kategori kurang dengan niai rata - rata 58.15 pada cabang olahraga bola voli. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar Smash cabang olahraga bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Paguyaman Pantai melalui penggunaan metode bagian.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada siswa Kelas VIII semester Genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah keseluruhan 26 orang. Siswa keseluruhan adalah berjenis kelamin laki-laki sejumlah 7 orang dan 19 orang perempuan dengan latar belakang yang berbeda-beda.
Adapun variabel dalam penelitian ini melibatkan (Input) masukkan, Proses dan hasil (Output). Hasil pencapaian akhir setelah adanya tindakan yakni meningkatnya kemampuan dasar smash pada cabang olahraga bola voli sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Peningkatan kemampuan siswa menunjukan gambaran tentang pemahaman materi yang diajarkan dan daya serap yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Data yang diperoleh melalui pelaksanaan observasi menunjukan kemampuan dasar Smash termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 58.15, tentunya nilai ini masih sangat jauh yang diharapkan, untuk itu dilaksanakanlah siklus I sesuai rencana pembelajaran semestinya, maka evaluasi dilakukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 65.57, namun juga belum mencapai indikator kinerja maka tetap dilakukan siklus II. Akan tetapi pada siklus ini kemampuan siswa belum bisa mencapai indikator kinerja dengan nilai rata-rata 75.92, maka penelitian dilanjutkan kesiklus III. Analisa hasil yang didapat pada siklus III dengan nilai rata-rata kemampuan 85.10.
Dengan demikian hipotesis tindakan jika dengan menggunakan metode bagian, maka kemampuan smash bola voli siswa kelas VIII SMPN 1 Paguyaman Pantai akan meningkat, telah teruji kebenaranya.
Kata Kunci : Kemampuan Dasar, Smash, Metode Bagian
Download berkas