Penulis / NIM
ARIYANTO S. SAKO / 831410015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
ARIYANTO S SAKO. 2016. "Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Pada Permainan BolaVoli Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif (Tipe Stad) Kelas X IPS MAN Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS,Pembimbing II Suriyadi Datau,S.Pd,M.Pd.
Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada permainan bolavoli di MAN Batudaa yakni setiap kali siswa diminta untuk memperagakan servis bawah, lebih banyak siswa yang selalu menghindar pada saat datangnya bola dari arah atas kepala, serta pada saat melakukan pembelajaran siswa sering kali acuh terhadap guru ataupun pengajar sehingga menyulitkan para guru atau pengajar untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran olahraga, kurang efektif siswa dalam menerima materi pembelajaran dan metode yang diterapkan belum sesuai dengan siswa. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan sevis bawah pada permainan bolavoli siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Batudaa melalui metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Berdasarkan data dan hasil analisis pada observasi awal, nilai siswa pada mata pelajaran penjasorkes dalam permainan bolavoli melakukan sevis bawah, persentase nilai rata-rata siswa adalah 65%. dan setelah penerapan metode kooperatif tipe student teams-achievement divison (STAD) pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, siswa memperoleh nilai yang berbeda pada mata pelajaran penjasorkes dalam permainan bolavoli mengenai passing atas 65 % yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa tersebut belum mencapai nilai standar rata-rata kelulusan yaitu 75%. maka peneliti bersama guru mata pelajaran memutuskan untuk melanjutkan tindakan pemebelajaran pada siklus II. Pada tindakan siklus II, siswa mulai menunjukkan perkembangan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu mencapai nilai rata-rata diatas standar rata-rata kelulusan pada mata pelajaran penjasorkes khususnya dalam permaianan bola voli menengai passing atas. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tindakan siklus II yaitu 95% Jika mengacu pada indikator kinerja maka penelitian ini sudah selesai. Dengan demikian peneliti dan guru mata pelajaran memutuskan untuk mengakhiri penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe student teams-achievement divison (STAD) berhasil di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjasorkes di kelas X Madrash Aliyah Negeri Batudaâa
Kata Kunci : Servis bawah, Student Teams-Achievement Division.
Download berkas