Penulis / NIM
IMAN JAKATARA / 831410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Iman Djakatara, 2014. Nim 831 410 037. Meningkatkan Teknik Dasar Lempar Cakram Melalui Strategi Pembelajaran Modifikasi Pada Siswa Kelas VII4 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo, Program studi S1 pendidikan keolahragaan. Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolahrgaan, Universitas Negeri Gorontalo.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan seperti berikut. Apakah penetapan strategi pembelajaran modifikasi dapat meningkatkan teknik dasar lempar cakram siswa kelas VII4 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini. adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran pendidikan jasmani melalui strategi pembelajaran modifikasi yang bertujuan guna meningkatkan teknik dasar lempar cakram yang dibelajarkan di sekolah menengah pertama, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar melempar dalam lempar cakram melalui strategi embelajaran modifikasi siswa kelas VII4 SMP Negeri 13 Gorontalo.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang ada dikelas VII4 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo, dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang putra dan 13 orang putri. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung dalam II siklus dari masing-masing siklus diberi tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi, penelitian dapat dikatakan selesai apabila indikator capaian siswa mencapai 75%. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal di peroleh rata-rata sebesar 53,39% dan diberi tindakan pada siklus I meningkat sebesar 7,96% sehingga rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa mencapai 61,35% pada pemberian tindakan siklus I, namun capaian siswa di siklus ini belum mencapai indikator, oleh karena itu perlu untuk diberi tindakan lanjutan yakni masuk pada siklus II, dalam siklus II ini rata-rata keseluruhan yang di peroleh siswa meningkat sebesar 14,02% sehingga mencapai 73,37% setelah evaluasi siklus II dilakukan. Berdasarkan hasil tersebut maka peneletian tindakan kelas ini telah dianggap selesai dan berhasil karena sudah mencapai indikator ketentuan dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini Dengan adanya penelitian yang berlangsung di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo bahwa melalui strategi pembelajaran modifikasi dapat meningkatkan teknik dasar lempar cakram pada pada siswa yang duduk dikelas VII4. Dengan demikian maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika guru menggunakan strategi pembelajaran modifikasi, dalam pelaksanaan pembelajaran lempar cakram siswa kelas VII4 yang ada di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Lempar Cakram, Strategi Pembelajaran Modifikasi
Download berkas