Penulis / NIM
ZUMRAIDIN S. ATUTE / 831410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
Abstrak
Adapun permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini apakah penerapan model pembelajaran kooperatif (tipe stad) kedalam permainan bola voli dapat meningkatkan teknik dasar pasing atas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bongomeme. Berkaitan dengan masalah tersebut maka pemecahannya dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif (tipe stad) yang baik dan benar, sehingga ketuntasan belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Bongomeme dapat mencapai indikator kinerja dalam penelitian maupun KKM yang ada di sekolah tersebut. Selanjutnya untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bongomeme yang berjumlah 25 orang. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan untuk setiap siklusnya diberikan sebanyak tiga kali tindakan serta evaluasi satu kali. Dari data yang diperoleh melalui observasi diperoleh 55 dan diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan mencapai 75. Namun pencapaian siswa pada siklus I belum mencapai indicator yang sudah ditentukan sebelumnya maka perlu diberi tindakan lanjutan pada siklus II, pada siklus ini pencapaian siswa mencapai 84 melihat pencapaian yang diperoleh siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil. Berdasarkan hasil dari siklus II ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif (tipe stad) dapat meningkatkan teknik dasar siswa hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif (tipe stad) dalam pembelajaran bola voli dapat meningkatkan teknik dasar pasing atas pada siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Bongomeme, sehingga dapat diterima untuk dijadikan rujukan bagi penelitian berikutnya.
Kata Kunci : Pasing Atas, Model Pembelajaran Kooperatif (tipe stad)
Abstract
The issues in this class action research whether the implementation of cooperative learning model (type stad) into a volleyball game can improve on the basic techniques pasing VIII grade students of SMP Negeri 3 Bongomeme. In connection with the problem, the solution can be done through the implementation of cooperative learning model (type stad) is good and right, so that the students in class learning completeness VIII SMP Negeri 3 Bongomeme can achieve performance indicators in both research and KKM in the school. Further to the subjects in this study were students VIII SMP Negeri 3 Bongomeme totaling 25 people. In the execution of this research was conducted in two cycles, and each cycle is given three times in one action and evaluation. From the data obtained through observation gained 55 and by the action on the first cycle increased reach 75. However, the achievement of students in the first cycle has not yet reached a predetermined indicator it is necessary to follow-up on the second cycle, the cycle is the achievement of students reached 84 with the achievements obtained by the students in the second cycle, this research was complete and successful. Based on the results of this second cycle can be concluded that through a cooperative learning model (type stad) can improve basic engineering students research hypothesis of this class action is that if teachers are using cooperative learning model (type stad) in learning volleyball can increase basic techniques pasing on the VIII class students of SMP Negeri 3 Bongomeme, so it is acceptable to be a reference for subsequent research.
Keywords : Pasing Up, Cooperative Learning Model (type stad)
Download berkas