SKRIPSI

Penulis / NIM
ABD. RAIS DJAFAR / 831410049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat harimau melalui strategi pembelajaran modeling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subject penelitian 22 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo. Hipotesis tindakan jika menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka keterampilan gerak dasar lompat harimau pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo dapat ditingkatkan dengan indikator kinerja apabila rata-rata kemampuan siswa mencapai 80%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% tercapai dengan baik. Hasi penelitian menunjukan peningkatan keterampilan gerak dasar lompat harimau melalui strategi pembelajaran modeling. Observasi awal 58,62% meningkat sebesar 11,2% menjadi 69,82% pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 11,18% yakni dari 69,82% menjadi 81%. Sesuai indikator kinerja 80% maka hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa jika menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka keterampilan gerak dasar lompat harimau pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Tabongo akan meningkat dapat diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran modeling, maka dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar dalam melakukan lompat harimau. Terbukti dari siklus ke siklus keterampilan gerak dasar lompat harimau siswa telah mengalami peningkatan di setiap aspek teknik dasarnya. Kata Kunci: Lompat Harimau, Strategi Pembelajaran Modeling
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011