Penulis / NIM
ARIFULLAH / 831410050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
ARIFULLAH / 831 410 050 "MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR SIKAP KAYANG MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SDN NO. 92 SIPATANA GORONTALO" Dosen Pembimbing 1 Dr. Ahmad Lamusu S.Pd, M.Pd dan dosen pembimbing 2 Suriyadi Datau S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes pada materi senam lantai khususnya sikap kayang yaitu kemampuan siswa yang kurang memuaskan serta pemahaman siswa yang kurang daam melakukan sikap kayang dengan baik dan benar. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : "Untuk meningkatkan kemampuan dasar sikap kayang melalui metode bagian siswa kelas V SDN No. 92 Sipatana Gorontalo.". Hipotesis tindakan yakni "Jika metode bagian diterapkan dalam pembelajaran ini maka, kemampuan dasar sikap kayang pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 92 Sipatana Gorontalo akan meningkat." indikator kinerja. adalah bila terjadi peningkatan sebesar 75% dari 20 orang siswa yang menjadi objek penelitian sudah terampil dalam melakukan gerakan kayang dengan klasifikasi penilaian 74-84 (Baik). Maka penelitian dinyatakan selesai. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SDN No. 92 Sipatana. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 92 Sipatana dengan jumlah siswa 20 orang 8 orang putri dan putra berjumlah 12 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan sikap kayang yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan dasar sikap kayang sebesar 50.83%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 63.33% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 76.66%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "Jika metode bagian diterapkan dalam pembelajaran ini maka, kemampuan dasar sikap kayang pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 92 Sipatana Gorontalo akan meningkat." dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Dasar Sikap Kayang, Metode Bagian, Siswa Sekolah Dasar.
Download berkas