Penulis / NIM
ABDUL AZIZ UDIN KILO / 831410067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Kilo, Abdul Aziz U. 2015. "Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Pembelajaran Siswa Kelas V MIN Tangkobu". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Ha. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes, Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Masalah yang ditemukan dalam penelitian pada cabang olahraga atletik di MIN Tangkobu yakni kurangnya penguasaan kemampuan lompat jauh gaya jongkok, serta penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang efektif. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi pembelajaran siswa kelas V MIN Tangkobu. Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut yaitu strategi modifikasi pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MIN Tangkobu pada siswa kelas V berjumlah 27 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus.
Penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil yang dicapai sebagai berikut. terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari sebelum tindakan siklus I ke siklus II sebanyak 22 orang atau sebesar 81,5% dengan peningkatan daya serap klasikal sebesar 24,54. Sedangkan peningkatan dari siklus I kesiklus II adalah sebanyak 18 orang sebesar 66,67% dengan peningkatan daya serap klasikal 12,5.
Dengan berpedoman pada deskripsi hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka hipotesis yang berbunyi "jika modifikasi pembelajaran diterapkan maka kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada cabang olahraga atletik, siswa kelas V MIN Tangkobu dapat ditingkatkan" diterima. Selanjutnya, indikator kinerja yang berbunyi "apabila 85% dari keseluruhan siswa yang menjadi subjek penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan dalam melakukan kemampuan lompat jauh gaya jongkok, maka penelitian ini dinyatakan selesai".
Kata Kunci : Lompat jauh gaya jongkok, modifikasi pembelajaran.
ABSTRACT
Kilo, Abdul Aziz U. 2015. "Enhancing Capabilities Long Jump Squat Style Through Student Learning Modified Class V MIN Tangkobu". Thesis, S1 Study Program Health Physical Education and Recreation at the Department of Physical Education, Faculty of Sports and Health, State University of Gorontalo, Supervisor I Dr. Ha. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes, Supervisor II Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Problems found in the research on athletics in MIN Tangkobu the lack of mastery of the ability of long jump squat style, as well as the use of learning methods are less effective. The goal is to improve long jump squat style through fifth grade students learning modification Tangkobu MIN. Learning methods can increase the skill of learning ie modification strategies.
The method used is the method of classroom action research conducted in MIN Tangkobu in Class V totaling 27 students. The research data was taken using the observation sheet teachers and students, as well as an evaluation of the material applied in each cycle.
This research can be proved by the results achieved as follows. increased mastery learning students from the prior cycle I to cycle II as many as 22 people or 81.5% with an increase of 24.54 classical absorption. While the increase from the first cycle kesiklus II is as much as 18 66.67% with an increase of 12.5 classical absorption.
With reference to the description of the results of research and discussion above, the hypothesis which states that "if the modifications applied learning, the ability of long jump squat force in athletics, student class V MIN Tangkobu can be improved" acceptable. Furthermore, performance indicators, which reads "if 85% of all students who become research subjects showed an increased ability to perform long jump ability squat style, this research is completed".
Keywords: long jump squat style, instructional modifications.
Download berkas