Penulis / NIM
SUPRIADI MALLI / 831410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
ABSTRAK
Malli Supriadi, Nim 831410068. 2014 "Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Explicit Instruction". Suatu penelitian di Kelas VII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo, Penyusun skripsi ini di bimbing oleh Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd, dan Marsa Lie Tumbal, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah penguasaan materi lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo masih sangat rendah. Ini dikarenakan penggunaan metode yang kurang efektif untuk meteri tersebut, sehingga menyebapkan siswa-siswi tidak begitu paham bagaimana tata cara melakukan lompat dengan baik dan benar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo dengan penetapan indicator capaian kinerja dari 52,18% sampai 75%.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode explicit instruction. explicit instruction merupakasuatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Metode ini dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif dan Metode mengajar ini sering disebut model pengajaran langsung.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: dari data awal 52,18%. Terjadi peningkatan penguasaan siswa sebesar 12,44% sehingga menjadi 64,62% pada siklus I. Dan pada siklus II meningkat sebesar 13,19% Sehingga menjadi 77,81%. Dan rata-rata peningkatan siswa adalah sebesar 25,63%.
Dari hasil penelitian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode explisit instruction dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo.
Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Explisit Instruction
Download berkas