Penulis / NIM
JEFRI LASENA / 831410083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
JEFRI LASENA. Nim. 831410083 " Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII 8 SMP Negeri 1 TAPA". Pembimbing I, Drs. Sarjan Mile, MS. Pembimbing II, Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam melakukan servis bawah. adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan servis bawah dalam permainan bola voli, untuk mencapai tujuan dalam permasalahan penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa. Jika diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw keterampilan servis bawah siswa dalam permainan bola voli dapat ditingkatkan. indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu 85% dari keseluruhan siswa dengan rentang nilai 80-100, jika mengalami peningkatan dalam penelitian ini mencapai batas indicator kinerja atau lebih maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta diadakan evaluasi pada setiap siklus. Data di analisis baik kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data pada kegiatan observasi awal, dapat diketahui keterampilan rata-rata siswa dalam meningkatkan keterampilan melakukan servis bawah yakni sebesar 59,09 belum terdapat siswa yang mendapat nilai (SB) sangat baik, serta pada evaluasi siklus I mengalami peningkatan yakni menjadi 75,75 terdapat delapan (8) orang yang mendapat nilai (SB) sangat baik dengan persentase 36,36%, denagan rentang nilai 16,66. Kemuian pada evaluasi siklus II mengalami Peningkatan yakni menjadi 86,36 terdapat dua puluh satu (21) orang yang mendapat nilai (SB) sangat baik dengan persentase 95,45%, dengan rentang nilai 10,61. Dari hasil penelitian di atas sudah melebihi dari indikator yang sudah ditentukan yaitu sebesar 85% dari hasil keseluruhan siswa dengan rentang nilai 80-100, penelitian ini sudah dinyatakan tuntas atau berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam cabang olahraga bola voli pada siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 1 TAPA.
Kata Kunci : Servis Bawah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download berkas