Penulis / NIM
MERIANA A. MATOKA / 831410104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Meriana A. Matoka, Skripsi 2015. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Modifikasi Pada Siswa Kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo" Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. (Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS. dan Pembimbing II Risna Podungge, S.pd, M.pd).
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode strategi pembelajaran modifikasi dapat meningkatkan keterampilan dasar servis bawah siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar servis bawah dengan menggunakan metode strategi pembelajaran modifikasi pada siswa kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo.
Hiportesis tindakan yakni jika guru menggunakan metode strategi pembelajaran modifikasi, maka kemampuan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar servis bawah dapat ditingkatkan. Indikator kinerja "(KKM) 75 %, jika presentase siswa 75 % hingga 80% dari jumlah siswa kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo sudah menunujukkan hasil belajar dalam melakukan teknik dasar servis bawah pada olahraga bola voli ini dengan kategori baik (75-100), maka penelitian ini dinyatakan selesai".
Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar servis bawah dengan menggunakan metode strategi pembelajaran modifiksi pada siswa kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo, dari observasi awal 49.75 %, pada siklus pertama terjadi peningkatan yaitu 68.5 %, dan pada siklus kedua peningkatan mencapai 86.00 %. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode strategi pembelajaran modifikasi keterampilan siswa dalam melakukan servis bawah pada siswa kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo dapat ditingkatkan
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : menggunakan metode strategi pembelajaran modifikasi maka kemampuan siswa dalam melakukan keteramipaln dasar servis bawah pada siswa kelas VII.5 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Download berkas