Penulis / NIM
PRIYANTO S. TEMOKAN / 831410107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Priyanto S. Temokan, Skripsi 2015. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Lompat Jauh Dengan Menggunakan Metode Bagian Pada Siswa Kelas VII3 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo." Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. (Pembimbing I Ucok H. Refiater, S.Pd.M.Pd, dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd.M.Pd).
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan Siswa Kelas VII3 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo dalam melakukan lompat jauh ini dapat ditingkatkan melalui metod bagian? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh melalui metode bagian pada Siswa Kelas VII3 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo. Metode bagian merupakan bentuk pembelajaran pemecahan suatu bagian gerak atau rangkaian gerak menjadi beberapa bagian yan lebih kecil.
Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 6 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi, Tahap Analisi dan Refleksi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari dua kali tindakan yang dilaksanakan terjadi peningkatan disetiap tindakan. Dan diawali dengan observasi awal sebagai dasar pelaksanaan tindakan selanjutnya tampak teknik dasar lompat jauh Siswa Kelas VII3 SMPN 6 Gorontalo Kota Gorontalo menunjukkan kriteria kurang dengan skor rata-rata keseluruhan 51.25%. Pada siklus I kgiatan teknik dasar lompat jauh yaitu cara melakukan awalan, cara bertumpu/bertolak, melayang dan cara mendarat keseluruhan ini dilakukan dengan praktek keseluruhan rata-rata perolehan skor sebanyak 66.5% artinya masih berada pada kategori cukup. Dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada kegiatan teknik dasar lompat jauh yaitu cara melakukan awalan, cara bertumpu/bertolak, melayang dan cara mendarat keseluruhan ini dilakukan dengan praktk keseluruhan rata-rata perolehan skor sebanyak 85% artinya telah berada pada kategori baik. Model pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada kegiatan siklus I dan II dapat diketahui bahwa telah memenuhi target yang diharapkan. Dengan demikian hasil belajar teknik dasar lompat jauh dengan menggunakan metode bagian dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Keterampilan Dasar Lompat Jauh, Metode Bagian.
Download berkas