Penulis / NIM
ROIS ABAS / 831410119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
ROIS ABAS, NIM, 831 410 119 (Skripsi 2016) "MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENENDANG BOLA DENGAN PUNGGUNG KAKI PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS X TPHP1 SMK NEGERI 2 GORONTALO, Skripsi Gorontalo, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, Dan Pembimbing II Ruslan S. Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola , Hal ini disebabkan karena ketidak tepatan dalam menggunakan model pembelajaran yang menyebabkan tidak maksimalnya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas X TPHP1 SMK Negeri 2 Gorontalo.
Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, maka keterampilan siswa dalam menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola pelajaran penjaskes di kelas X TPHP1 SMK Negeri 2 Gorontalo dapat meningkat.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini meliputi persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta pengumpulan data dan analisis data. Pengambilan data dilakukan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan pada keterampilan siswa dalam menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad siswa kelas X TPHP1 SMK Negeri 2 Gorontalo dari observasi awal 43,75, siklus I 67,86 dan siklus II menjadi 81,25. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima dalam penelitian ini dianggap berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Maka dapat di simpulkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola, dan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad juga memberikan dampak positif terhadap menendang bola dengan punggung kaki pada permainan sepak bola siswa kelas X TPHP1 SMK Negeri 2 Gorontalo.
Kata Kunci : Menendang Bola Dengan Punggung kaki, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Permainan Sepak Bola.
Download berkas