Penulis / NIM
JAKUALINE KAMUMU / 831410126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK
Jakualine Kamumu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket Melalui Metode Modeling Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan.. Skripsi Gorontalo. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pedidikan Keolahraga Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS, Pembimbing II Syarif Hidayat S.P Kor. M. Or. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar chest pass pada permainan bola basket, Hal ini disebabkan karena ketidaktepatan dalam menggunakan metode pembelajaran yang menyebabkan tidak maksimalnya pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika guru menggunakan metode modeling, maka kemampuan siswa melakukan teknik dasar chest pass pada pelajaran penjasorkes di kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar chest pass pada permainan bola basket melalui metode modeling di kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan . Penelitian tindakan kelas ini meliputi persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta pengumpulan data dan analisis data. Pengambilan data dilakukan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar chest pass siswa VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan dari observasi awal 55,43% hingga siklus II menjadi 77,53%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima.
Kata Kunci: Teknik Dasar Chest Pass, Metode Modeling
Download berkas