Penulis / NIM
YAHYA H. RAHMAN / 831410134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Yahya H. Rahman, NIM. 831410134. Skripsi 2014. ..."MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PUKULAN FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM LEARNING (STL) PADA SISWA KELAS VII1 DI SMPN 1 TELAGA. Bimbingan dari Dr. H. Aisah R. Pomatahu, Dra. M.Kes dan Ruslan, S.Pd. M.Pd
Kurangnya minat siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada meteri pukulan forehand dalam permainan tenis meja, masih banyak siswa yang belum memahami materi pukulan forehand dalam permainan tenis meja, kesulitan guru dalam melakukan pembelajaran pukulan forehand dalam permainan tenis meja.
Permasalahan dalam penelitian pada pukulan forehand yaitu Apakah melalui pembelajaran student team learning (STL) dapat meningkat pukulan forehand pada permainan tenis meja pada siswa kelas VII1 SMPN 1 Telaga ? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pukulan forehand pada permainan tenis meja melalui pembelajaran student team learning (STL) pada siswa kelas VII1 SMPN 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan pembelajaran student team learning (STL). Manfaat teoritis, yakni untuk menambah wawasan dan khasanah ilmu pengetahuan bagi guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan manfaat praktis, yakni untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi guru pendidikan jasmani.
Hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VII dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand, sebagai berikut : Aspek (A) tahap persiapan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 66.34, siklus I mencapai 76.54 dan siklus II mencapai 81.94. Aspek (B) tahap gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 49.96, siklus I mencapai 61.88, dan siklus II mencapai 79.10. Aspek (C) tahap akhir pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 50.93, siklus I mencapai 64.27, dan siklus II mencapai 79.32. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang dirumuskan yaitu ..."jika melalui pembelajaran Student Team Lerning (STL) maka keterampilan dasar pukulan forehand siswa kelas VII1 di SMPN 1 Telaga dapat meningkat (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci : Pukulan Forehand, Permainan Tenis Meja, pembelajaran student team lerning(STL).
Download berkas