Penulis / NIM
YAYAN DUNGGIO / 831410137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam menguasai keterampilan dasar smes pada permainan bola voli. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan metode modeling dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar smes pada permainan bola voli siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode modeling dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga 2016/2017. Hasil penelitian ini terbukti siknifikan denganmelebihi indikator kinerja yang telah ditentukan 80% setelah dilakukan tindakan dalam II siklus dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dasar siswa dalam melakukan smes pada permainan bola voli meningkat setelah diberikan tindakan dan mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 48,51 pada observasi awal, siklus I meningkat 15,97 mennjadi 64,48 dan siklus II meningkat 17,56 menjadi 82,04. Maka dengan demikian penelitian ini dianggap selesai. Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui Metode Modeling Keterampilan Dasar Smes Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Telaga meningkat dan dapat diterimah.
Kata Kunci : Smes Bola Voli, Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Telaga, Modeling.
Abstract
The problem in this research is the lack of understanding and abilities of students in mastering basic skills smash in volleyball game. How to solve them using the method of modeling in the learning process. The purpose of this research is to improve the basic skills smash in volleyball games VIII2 grade students of SMP Negeri 1 Telaga. This classroom action research was conducted using modeling methods in the learning process carried out in SMP Negeri 1 Telaga 2016/2017. The results of this study proved significant to exceed predetermined performance indicators to 80% after the action in the second cycle of the total number of students who are subject to the action. The results showed that the students basic skills in the spike a volleyball game increased after the given action and achieve results in accordance with what is expected at an average value of 48.51 on initial observations, the first cycle increased 15.97 into 64.48 and the second cycle increased 17.56 into 82.04. So therefore this study is considered completed. Based on the available data it can be concluded that: Through Modeling Method Basic Skills Smash In Grade Volleyball Game VIII2 SMP Negeri 1 Telaga increasing and may are acceptable.
Keywords : Smash Volleyball, VIII2 Grade Students of SMP Negeri 1 Telaga, Modeling
Download berkas