Penulis / NIM
HARIS SADAPU / 831410145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Haris Sadapu, NIM 831 410 145, Skripsi 2015. "Peran metode drill dalam meningkatakan keterampilan pasing bawah siswa keals XI SMA Negeri 1 Telaga Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 PenjaskesRek, Fakultas 0lahraga dan kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Dr.Hj. Aisa R. Pomatahu,Dra,M.kes selaku Pembimbing I Dan Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan peran metode drill dapat meningkatkan keterampilan passing bawah ?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pasing bawah dengan menggunakan metode drillsiswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo, Tahun Ajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan metode drill lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi pasing bawah sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh sikap awal 67,82, perkenaan bola 58,75, akhir gerakan 50,69dengan nilai rata-rata keseluruhan 59,10. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode drill. (2) dari evaluasi siklus I diperoleh posisi awal 78,70, perkenaan bola 71,25, akhir gerakan 65,97 dengan nilai rata-rata keseluruhan 72,06 . Kemudian dilakukan kembali metode drill dengan variasi. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh posisi awal 93,06, perkenaan bola 87,73, akhir gerakan 83,79, dengan nilai rata-rata keseluruhan 88,19. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui peran metode drillketerampilan pasing bawah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui peran metode drill dalam meningkatkan keterampilan pasing bawah siswa kelas XI SMA Negeri I Telaga dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan adanya penelitian berlangsung di SMA Negeri 1 Telaga bahwa melalui peran metode drill dapat meningkatkan keterampilan passing bawah pada siswa yang duduk di kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Dengan demikian maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru meggunakan metode drill dalam pelaksanaan pembelajaran passing bawah pada siswa kelas XI yang ada di SMA Negeri 1 Telaga dapat ditingkatkan.
Download berkas