SKRIPSI

Penulis / NIM
SUPRIADI / 831410171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK Supriadi, NIM 831 410 171, Skripsi 2014. "Meningkatkan Keterampilan Dasar Service Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Melalui Metode Explicit Intruction Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Telaga." Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 PenjaskesRek, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Bapak Ruslan, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui metode pembelajaran Explicit Intruction dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar Service Forehand siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service Forehand dengan menggunakan motode pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan mode pembelajaran Metode Explicit Intruction, maka keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand dapat ditingkatkan. Indikator kinerja "(KKM) 80, jika presentase siswa 80 hingga 85 dari jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo sudah menunujukkan keterampilan dalam melakukan teknik dasar Service forehand pada permainan tenis meja ini dengan kategori sangat baik (80-100), maka penelitian ini dinyatakan selesai". Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa . Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand dengan menggunakan motode pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo, dari observasi awal 56,92, pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 71,04, dan pada siklus II peningkatan mencapai 82. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui motode pembelajaran Explicit Intruction keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : dengan menggunakan motode Explicit Intruction maka keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : motode pembelajaran Explicit Intruction, materi pemainan tenis meja teknik dasar Service forehand.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011