Penulis / NIM
ARDIANTO T. SIATAN / 831410172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
ARDIANTO T. SIATAN / 831410172 "Meningkatkan Kemampuan Heading Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo" Dosen Pembimbing 1 Dr. Hj. Aisah R.Pomatahu.Dra,M.Kes dan dosen pembimbing 2 Ruslan S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes khususnya pada materi sepak bola (heading) masih kurang efektif. tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : "untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyundul bola (heading) dalam permainan sepak bola melalui model pembelajaran Problem Sulving pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.". Hipotesis tindakan yakni "jika model pembelajaran Problem Sulving ini diterapkan maka kemampuan siswa dalam menyundul bola (heading) pada permainan sepak bola akan meningkat.." indikator kinerja. bila 75% siswa yang diteliti dapat melakukan Heading dengan baik, maka penilaian tersebut dinyatakan selesai. Sesuai dengan Standar ketuntasan mengajar pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP). Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 24 orang, putri berjumlah 5 orang dan putra berjumlah 19 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan melakukan heading yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan hasil belajar melakukan heading sebesar 53.93%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 67.40% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 81.63%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "jika model pembelajaran Problem Sulving ini diterapkan maka kemampuan siswa dalam menyundul bola (heading) pada permainan sepak bola akan meningkat.." dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar Melakukan Heading, Model Pembelajaran Problem Solving, Siswa SMP.
Download berkas