Penulis / NIM
IKMAL ZIKRANSAH BABA / 831410174
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatakan keterampilan dasar meroda pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni "jika menerapkan metode bagian, maka keterampilan dasar meroda pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo akan dapat ditingkatkan". Serta indikator yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu minimal 80% dari jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian dengan kriteria penilaian yang dicapai 75-89 pada kategori baik. Jumlah siswa yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa yang terdiri dari 18 orang putra dan 8 orang putri. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap evaluasi. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dari hasil data yang diperoleh mulai dari observasi awal, siklus I hingga pada siklus II, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan metode bagian dapat memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan siswa melakukan gerak meroda. Hal ini sesuai dengan hasil data pada tes awal yakni 58,03 dan setelah diberi tindakan atau perlakuan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 16,46 atau sama dengan 74,49, kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 10,77 atau sama dengan dengan 85,26. Berdasarkan hal di atas, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci: Meroda, dan Metode Bagian.
Download berkas