Penulis / NIM
WASIS / 831410182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Wasis. Nim. 831 410 182. "Meningkatkan Hasil Belajar Lari Estafet Non Visual Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gorontalo". Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd. 2015
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan dasar lari estafet non visual siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkatkan hasil belajar lari estafet non visual siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo melalui pembelajaran explicit instruction.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil sebagai berikut : pada pelaksanaan observasi awal, nilai capaian siswa keseluruhan yaitu 55. Setelah dilaksanakan siklus I yaitu penerapan medel pembelajaran explicit instruction. Terjadi peningkatan sebesar 14 menjadi 69. Pada pelaksanaan siklus II yaitu penerapan lanjutan medel pembelajaran explicit instruction, memperoleh peningkatan dari siklus I sebesar 15. Nilai capaian yang diperoleh pada siklus II yaitu sebesar 84. Hal ini telah melempaui indikator kinerja yang telah di tetapkan yaitu 80%.
Dengan demikian disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi "dengan menggunakan medel pembelajaran explicit instruction dalam proses pembelajaran maka hasil belajar lari estafet non visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, akan meningkat." dapat diterima.
Kata Kunci : Lari Estafet Non Visual, Model Pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas