Penulis / NIM
FADLI MANGGOPA / 831410184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Fadli Manggopa. 831410184. Meningkatkan Keterampilan Dasar Pukulan Forehand Pada Permainan Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Nurhayati Liputo, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah dengan menerapkan model pembelajaranTGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan keterampilan dasar pukulan forehand pada permainan tenis meja pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga? Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pukulan forehand pada permainan tenis meja melalui model pembelajaranTGT ( Teams Games Tournament )pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga.Hipotesis penelitian ini adalah ..."dengan menggunakan motode Explicit Intruction maka keterampilans iswa dalam melakukan teknik dasar Service forehand pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila dapat diterima dan dapat ditingkatkan..
Berdasarkan data observasi awal dapat diketahui bahwa teknik dasar pukulan forehandbagi siswa kelas IX SMPNegeri 1Telaga menunjukan kriteria yang kurang, hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata penguasaan siswa tentang teknik dasar pukulan forehandmeliputi tahap persiapan61,04%, tahap gerakan 49,92%, dan akhir gerakan 57,44%dengan skor rata-rata keseluruhan 56,13% berada pada kriterian penilaian kurang.
Pada siklus I di atas dapat diketahui bahwa teknik dasar pukulan forehand bagi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga menunjukan kriteria yang kurang, hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata penguasaan siswa tentang teknik dasar pukulan forehandmeliputi tahap persiapan 74,16%, tahap gerakan 64,12%, dan akhir gerakan 73,16% dengan skor rata-rata keseluruhan 70,48% berada pada kriteria penilaian baik.
Dan padasiklusII, 3indikatorpenilaian yang dinilaidalamkegiatanteknikdasarpukulanforehandyaitutahappersiapan83,68%, tahapgerakan79,76%, danakhirgerakan87,08%, keseluruhaninidilakukandenganpraktek,skorrata-rata keseluruhansebanyak 83,51%,artinyatelahberadapadakategorisangatbaik.
Berdasarkan peningkatan-peningkatan yang terjadi pada setiapevaluasi, maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT)meningkat, alasannya karena denganmenggunakan model pembelajarantersebut siswa merasa leluasa dalam mengeskpresikan gerakannya, sehingga dalam belajar siswa menemukan gaya belajarnya sendiri dan sesuai dengan tingkat perkembangan gerak yang ada pada siswa itu sendiri.
Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Pukulan Forehand, Permainan Tenis Meja.
Download berkas