Penulis / NIM
MAHYUDIN DATAU / 831410186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Mahyudin Datau. 831 410 186 "Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Siawa Kelas VII SMP Negeri 2 Bolaang Uki" Program studi pendidikan keolahragaan, fakultas Olahraga Dan kesehatan,Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I, Dr. ASRY SYAM S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II, ZULKIFLI LAMUSU S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah Dengan Menggunakan Metode Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament Hasil Belajar Pukulan Forehand Dalam permainan Tenis Meja Pada siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Bolaang Uki Dapat di Tingkatkan? ".
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament pada siswa SMP Negeri 2 Bolaang Uki. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament dapat meningkatkan Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja pada siswa SMP NEGERI 2 Bolaang Uki.
Metode yang digunakan peneliti kali ini adalah metode mengajar dengan cara memperagakan Teknik Dasar, kejadian, aturan, dan urutan-urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times games Tournament dapat meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan dalam peneltian ini. Pada observasi awal rata-rata capaian siswa hanya mencapai nilai 53.92% Setelah diberikan tindakan lanjutan pada siklus I memperoleh peningkatan menjadi 64.62 % Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus II dan mengalami peningkatan menjadi 76.18 % Hal ini memenuhi ekspektasi peneliti yang menetapkan indikator kinerja 75%. Dengan demikian maka hipotesis yang telah di ajukan yaitu" Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times games Tournament dapat meningkatkan Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa SMP Negeri 2 Bolaang Uki." dapat diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja, Dengan demiakian maka hipotesis tindakan dapat dirumuskan sebagai berikut "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times games Tournament digunakan dalam pembelajaran ini, Maka Hasil belajar Pukulan Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa SMP Negeri 2 Bolaang Uki dapat meningkat"
Kata Kunci: Hasil belajar Pukulan Forehand, Times games Tournament
Download berkas