SKRIPSI

Penulis / NIM
RIVALDY KOBANDAHA / 831410191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
LEMBAR ABSTRAK RIVALDY KOBANDAHA. 2014. Peran Metode Stad Dalam Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Hariadi Said, MS dan Pembimbing II. Ruslan. S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah : masih rendahnya siswa dalam melakukan teknik dasar mengontrol bola dengan kaki bagian dalam. Cara pemecahannya dilakukan dengan peran metode STAD. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, langkah-langkahnya adalah guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang, guru menjelaskan sekaligus memberi contoh pelaksanaan mengontrol bola dengan kaki bagian dalam yang baik dan benar, guru memberikan tugas gerak kepada siswa untuk mengontrol bola dengan kaki bagian dalam, guru membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengontrol bola, guru melakukan koreksi dan evaluasi terhadap pola gerakan siswa, guru memberikan penghargaan kepada kelompok siswa yang dapat melaksanakan tugas gerak dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan teknik dasar siswa dalam mengontrol bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola setelah diterapkannya peran metode STAD. Hipotesis tindakan adalah dengan menggunakan peran metode STAD maka teknik dasar mengontrol bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapa meningkat. Indikator kinerjanya adalah jika persentase rata-rata jumlah siswa yang bisa melakukan teknik dasar mengontrol bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dapat ditingkatkan minimal 85%. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data tersebut dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadinya peningkatan skor/nilai rata-rata teknik dasar siswa pada saat mengontrol bola dengan kaki bagian dalam yakni: pada observasi awal skor nilai rata-rata siswa mengontrol bola dengan kaki bagian dalam sebesar 77,6 setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 4 menjadi 81,6 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 3,6 menjadi 85,2. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, Peran Metode "STAD (Student team Achievement Divisions) Dalam Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011