SKRIPSI

Penulis / NIM
ZUKIFLI SOFYAN BAU / 831410198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. RUSKIN, M.Pd / 0031125723
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK Zulkifli Bau. 831410198. 2017. Meningkatkan Keterampilan Dasar Passing Atas MelaluiModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division(Stad) Pada Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi, program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I BapakDrs. Ruskin, M.PddanPembimbing II Ibu Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : âapakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) keterampilan dasar passing atas dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?âTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar passing atas dalam permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkanhasilobservasiawalketerampilan passing atas pada permainan bola volisiswadiperoleh datasebagaiberikut : 4 (16,67%) orangsiswaberadadalamklasifikasikurangdenganperolehannilairata-rata 55,25 dan 14 (58,33%) orang siswaberadadalamklasifikasicukupdengannilai rata-rata 65,66, dan 6 (25%) orang siswaberadadalamklasifikasibaikdengannilai rata-rata 72,43,sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 65,62. Padasiklus I, keterampilan passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utaratelahmengalamipeningkatan yang cukupberartiyaitu11 (45,83%) siswaberadadalamklasifikasicukupdengannilai rata-rata 66,64 dan13 (54,17%) orang siswaberadadalamklasifikasibaikdengannilai rata-rata 73,94, sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 70,59. Padasiklus II iniketerampilan passing atas pada permainan bola voli siswamencapaikriteriakeberhasilan. Dimana6 (25%) orang siswa berada dalam klasifikasisangat baikdenganperolehannilai rata-rata 81,43 dan 18 (75%) orang siswa berada dalam klasifikasi baik dengan perolehan nilai 76,52, sedangkan klasifikasi nilai rata-rata keseluruhan mencapai 77,75. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu Jika guru menggunakan model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD), maka keterampilan dasar passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo Utara akan meningkat (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci : Passing Atas, Permainan Bola Voli, Model PembelajaranStudent Team-Achievement Division (STAD)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011