Penulis / NIM
MAHYUNITA A. K. PANHUS / 831410209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Mahyunita A.K Panhus, Skripsi 2014. "Meningkatkan Teknik Dasar Bounce Pass Pada Permainan Bola Basket Siswa Kelas VII SMPN 13 Gorontalo Melalui Metode Teams Games Tournament." Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. (Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, Mc, dan Pembimbing II Mirdayani Pauweni S.Pd, M.Pd).
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode teams games tournament dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar bounce pass siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar bounce pass dengan menggunakan metode teams games tournament pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo.
Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan metode teams games tournament, maka kemampuan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar bounce pass dapat ditingkatkan. Indikator kinerja "(KKM) 85 %, jika presentase siswa 85 % hingga 90% dari jumlah siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo sudah menunujukkan hasil belajar dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada cabang olahraga bola basket ini dengan kategori baik (75-100), maka penelitian ini dinyatakan selesai".
Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass dengan menggunakan metode teams games tournament pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo, dari observasi awal 46,36%, pada siklus pertama terjadi peningkatan yaitu 62,24%, dan pada siklus kedua peningkatan mencapai 85,16%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode teams games tournament kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : menggunakan metode teams games tournament maka kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : teknik dasar bounce pass, permainan bola basket, metode teams games tournament.
Download berkas