SKRIPSI

Penulis / NIM
MAHYUNITA A. K. PANHUS / 831410209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK Mahyunita A.K Panhus, Skripsi 2014. "Meningkatkan Teknik Dasar Bounce Pass Pada Permainan Bola Basket Siswa Kelas VII SMPN 13 Gorontalo Melalui Metode Teams Games Tournament." Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. (Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, Mc, dan Pembimbing II Mirdayani Pauweni S.Pd, M.Pd). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode teams games tournament dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar bounce pass siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar bounce pass dengan menggunakan metode teams games tournament pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan metode teams games tournament, maka kemampuan siswa dalam melakukan gerakan teknik dasar bounce pass dapat ditingkatkan. Indikator kinerja "(KKM) 85 %, jika presentase siswa 85 % hingga 90% dari jumlah siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo sudah menunujukkan hasil belajar dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada cabang olahraga bola basket ini dengan kategori baik (75-100), maka penelitian ini dinyatakan selesai". Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass dengan menggunakan metode teams games tournament pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo, dari observasi awal 46,36%, pada siklus pertama terjadi peningkatan yaitu 62,24%, dan pada siklus kedua peningkatan mencapai 85,16%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode teams games tournament kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : menggunakan metode teams games tournament maka kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar bounce pass pada siswa kelas VII1 SMPN 13 Gorontalo Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : teknik dasar bounce pass, permainan bola basket, metode teams games tournament.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011