Penulis / NIM
KARNO S. ADNAWI / 831410213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana keterampilan gerak dasar siswa dalam melakukan gerakan sikap lilin, dengan melihat hipotesis dan indicator kinerjanya apabila 80% dari keseluruhan jumlah siswa sudah menunjukan keterampilan hingga mencapai kategori baik (75-89). Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Telaga yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 12 orang putra dan 15 orang putri. Berdasarkan hasil pengamatan pada hasil observasi belum mengalami peningkatan yakni baru sebesar 60,8% sehingga dilanjukan pada siklus I, setelah dibari tindakan maka mengalami peningkatan yakni mencapai nilai rata-rata 71,0% akan tetapi pada siklus satu ini belum juga mencapai target yang diharapakan yakni 80% sehingganya dilanjukan lagi ke siklus II. Maka pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,5% hal ini melebihi target yang diharapkan sehingga penelitian ini dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar sikap lilin siswa pada cabang olahraga senam, dengan diberikan tindakan penelitian ini berhasil.
Kata kunci : sikap lilin, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Download berkas