SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUS PADU HASAN / 831410214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Abstrak
ABSTRAK Agus Padu Hasan. NIM 831 410 214. Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Tinggi Melalui Strategi Pembelajaran Modifikasi Siswa Kelas VI SDN 2 Lawonu Kecamatan Tilango. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ha. Nurhayati Liputo, M.Pd. Pembimbing II Dra. Ha. Maryam Rahim, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kemampuan dasar lompat tinggi, dan efektifitas strategi pembelajaran yang diterapkan masih kurang. Masalah ini akan diperbaiki melalui penerapan strategi pembelajaran modifikasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Lawonu Kecamatan Tilango yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan dasar lompat tinggi pada siswa disetiap siklus yang mencapai KKM. Data observasi awal terdapat 9 orang atau 45% dengan rata-rata nilai 78,64 dengan daya serap klasikal sebesar 65,83 termasuk pada klasifikasi “cukup”. Selanjutnya, pada siklus I dicapai sebanyak 13 orang atau 65% dengan rata-rata nilai 78,64 dengan daya serap klasikal meningkat menjadi 78,50 termasuk klasifikasi “cukup”. Terakhir, pada siklus II dicapai sebanyak 17 orang atau 85% dengan rata-rata nilai 84,79; dengan daya serap klasikal meningkat menjadi 78,80 termasuk pada klasifikasi “baik”. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang berbunyi “Jika strategi pembelajaran modifikasi diterapkan dalam pembelajaran, maka kemampuan gerak dasar lompat tinggi siswa kelas V SDN 2 Lawonu Kecamatan Tilango, akan meningkat” diterima. Sedangkan indikator kinerja yang berbunyi “Jika kemampuan siswa (20 orang) terhadap gerak dasar lompat lompat tinggi telah meningkat dari 9 orang atau sebesar 45% menjadi 16 orang atau sebesar 80%, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai” terpenuhi. Kata Kunci: Kemampuan dasar lompat tinggi, strategi pembelajaran modifikasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011