Penulis / NIM
MOHAMAD WIRANTO LAUNI / 831410219
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
MOHAMAD W LAUNI, NIM 831 410 219, Skripsi 2014. "Peran Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola, Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tibawa." Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 PenjaskesRek, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Bapak Ruslan, S.Pd M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Drs. Ahmad Lamusu M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan teknik dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian dalam Pada Permainan Sepak bola dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Tahun Ajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian dalam sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 55, tahap gerakan 48,75 akhir gerakan 45, dengan nilai rata-rata keseluruhan 49,58 Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri. (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 75, tahap gerakan 65,83, akhir gerakan 63,75, dengan nilai rata-rata keseluruhan 68,19. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Inkuiri dengan variasi. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 87,5 tahap gerakan 77,08, akhir gerakan 68,75 dengan nilai rata-rata keseluruhan 77,78. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Inkuiri keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tibawa Kab. Gorontalo dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran inkuiri maka keterampilan teknik dasar Menontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Tibawa dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Download berkas