SKRIPSI

Penulis / NIM
FATLI I. MOOGANGGA / 831410236
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK Moogangga, Fatli I. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Bulutangkis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, MS Pembimbing II Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu : apakah model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?â Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar bulutangkis siswa SMPN I Telaga melalui penggunaan model pembelajaran TGT dengan sampel yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil observasi awal presentase diperoleh 75% berada dikategori Kurang. Pada siklus I presentasi rata-rata sebesar 40% kategori Kurang, 60% tergolong kategori cukup, siklus II rata-rata presentase 50% yang tergolong kategori cukup, sedangkan 50% tergolong kategori baik. Pada siklus III motivasi belajar bulutangkis siswa melalui model pembelajaran TGT mengalami peningkatan yang baik sebagaimana yang telah ditentukan oleh peneliti dan guru mitra dalam indikator kerja yakni dengan KKM 75, dimana pada siklus III rata-rata presentase 60% tergolong kategori sangat baik yakni sebanyak 12 orang, dan 40% kategori baik atau 8 Orang. Sehingga rata-rata presentase peningkatan motivasi belajar bulutangkis sebesar 100% dengan nilai keseluruhan 85 dari jumlah siswa 20 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat dijadikan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar untuk lebih meningkatkan motivasi siswa dalam menguasai materi yang diajarkan Sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Model pembelajaran Kooperatif tipe Team games tournament
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011