SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD SYAHIL IQRAK / 831410238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK AHMAD SYAHIL IQRAK. 2012 “Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Memukul Pada Permainan Kippers Melalui Metode Pembelajaran Discovery”. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd. M.Pd. Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah, rendahnya kemampuan gerak dasar memukul pada permainan kippers siswa kelas IV SD Negeri I Hutuo Kabupaten Gorontalo Utara. Oleh sebab itu, diharapkan melalui metode Pembelajaran discovery dapat memecahkan masalah tersebut. Inplementasi metode pembelajaran ini mengajak siswa berkreasi dan bisa meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan metode ini siswa dibiarkan menemukan sendiri guru hanya membimbing dan memberikan intruksi. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar memukul siswa pada permainan kippers.melalui metode discovery (penemuan). Yang menjadi hipotesis tindakan adalah, jika menggunakan metode discovery dalam proses pembelajaran, maka kemampuan siswa dalam memukul bola akan meningkat. Dalam penelitian tindakan kelas ini yang menjadi indikator kinerja adalah jika persentase siswa mencapai 75 % dari jumlah siswa yang diberikan tindakan dapat menunjukkan peningkatan dengan klasifikasi baik maka penelitian ini dianggap tuntas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan belajar siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan gerak dasar memukul pada permainan kippers yakni: pada observasi awal persentase hasil belajara siswa yang dicapai adalah 60,10%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 19,28% dengan nilai persentase 79,38% dari selisi data observasi awal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan gerak dasar memukul dalam permainan kippers pada siswa kelas IV SDN 1 Hutuo Kabupaten Gorontalo dapat diterima.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011